Senin, 18 Agustus 2014

Menggunakan Extrude Pada Autocad

Menggunakan Extrude Pada Autocad

Extrude adalah command yang penting dalam pembuatan 3D autocad. Hampir semua 3D dalam autocad pasti membutuhkan extrude. Fungsi extrude untuk merubah tampilan 2D menjadi 3D, yaiut dengan menjadikannya bentuk solid. Untuk itu kita akan berbagi tentang bagaimana menggunakan extrude pada Autocad.

Agar lebih mudah dalam 3D di Autocad, ganti dulu tampilan Cad ke 3D Modeling. Agan bisa klik pada Workspace dan pilih 3D Modeling.


  1. Buat dahulu 2D bangun yang akan dibuatkan solid 3D, Misal persegi ukuran 100 x 100. Dalam hal ini gunakan pline command, jangan line command. Karena extrude membutuhkan 2D yang menyatu, bukan terpisah
  2. Lalu Klik icon extrude, atau pada command prompt ketik extrude, lalu enter.
  3. Klik pada bangun 2D Persegi tersebut, enter lagi.Kemudian berikan nilai untuk ketinggian yang diinginkan. Misal 500. Lalu enter dan selesai
    Nah, anda sudah bisa membuat solid 3D berbentuk persegi panjang. Untuk menampilkannya dalam bentuk 3D, silahkan cari View menu lalu pilih isometric view.

    .

    Untuk mengganti penampakannya agar lebih nyata, pada menu view ganti 2D wireframenya dan pilih Shaded with adges.

Nah, sekarang anda sudah bisa menggunakan extrude pada Autocad. Semoga bermanfaat. Untuk lebih mahir dalam menggunakannya silahkan ikuti 3D artikel lainnya ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar